Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Bisnis Online Untuk Mahasiswa
Ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Dengan aktifitasnya yang padat, masih banyak yang bisa melakoni bisnis bermodalkan jaringan internet ini. Apalagi yang jadwal kuliahnya tidak padat, tentu banyak yang bisa dilakukan. Bagi mahasiswa manja yang hidupnya hanya bisa membuka tapak tangan untuk meninta dari orang tua, tentu bisnis online bisa jadi hal yang menakutkan. Namun bagi mahasiswa kreatif, yang bisaa mandiri, bisnis online bisa jadi pilihan aktifitas yang menyenangkan dan menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa :

Pertama, bisnis bimbingan skripsi.

Meski dia sendiri belum lulus kuliah dan belum pernah mengerjakan skripsi, namun peluang pendampingan skripsi bisa jadi peluang. Caranya, kita mengumpulkan berbagai bahan skripsi baik yang sudah jadi maupun yang masih perlu diracik kembali.

Peluang ini akan lebih besar ketika kita sudah memahami konsep pembuatan skripsi. Kita juga bisa bekerja sama dengan dosen yang terbiasa melakukan pendampingan penulisan skripsi. Ingat ya, hanya pendampingan. Bukan berarti jual beli naskah skripsinya. Karena, walaupun hal ini banyak dilakukan di dunia maya, namun bisnis dari hasil kejujuran jauh lebih menentramkan.

Kedua, menulis artikel content website dan blog.

Mahasiswa terkenal sebagai para predator buku. Tentunya memiliki berbagai pengetahuan tentang banyak hal. Walaupun mahasiswa tersebut mengambil jurusan teknik sekalipun, menulis artikel mestinya tidak terlalu sulit. Apalagi mahasiswa yang memang jurusan jurnalistik. Kalaupun tidak punya dasar penulisan, mahasiswa punya peluang penulisan artikel berupa media pembelajaran yang sesuai dengan keilmuannya.

Ketiga, menjadi youtuber.

Banyak kegiatan mahasiswa yang memiliki nilai tambah dan menarik untuk didokumentasikan. Selain itu, ide kreatifitas mahasiswa tentunya akan sangat menarik untuk ditampilkan dalam media video. Jika tidak bisa membuat video untuk hiburan, mahasiswa bisa menjadi youtuber spesialis materi keilmuan atau tutorial.

Keempat, menjadi penerjemah.

Jika tidak suka dengan mengarang, mahasiswa bisa memanfaatkan keahlian bahasa inggrisnya untuk menjadi penerjemah. Banyak sekali peluang penerjemahan yang ada di dunia maya. Kita bisa menerjemahkan ebook-ebook dari luar atau menerima tawaran penerjemahan dari penerbit-penerbit buku yang ada di Indonesia.

Kelima, menjadi affiliate marketer.

Untuk masalah ini sudah sering dibahas dalam website ini. Mahasiswa bisa lebih kreatif dalam melakukan campaign yang bisa mendatangkan trafik. Dan ketika trafik sudah besar, maka peluang konversi akan lebih besar. Karena sebagai affiliate marketer, trafik sangat menentukan sukses tidaknya sebuah bisnis affiliate marketing.

Keenam, mengelola website.

Mengelola website sendiri maupun sebagai admin untuk website klien sangat mungkin dilakukan oleh mahasiswa. Karena pada saat ini banyak sekali para pelaku bisnis online yang memiliki banyak website atau blog yang butuh pengelola atau admin.

Itulah beberapa peluang bisnis yang bisa dipilih oleh mahasiswa untuk mengisi waktu luangnya. Semoga bermanfaat.

Sumber : lupanama.com
Sign out
Baca Juga ×

No comments

Powered by Blogger.